Jumat, 10 Februari 2012

Surat Pembaca


Kurangnya Partisipasi
Dalam Peringatan Hari Nasional


Surat Pembaca :


Tidaklah mudah bagi bangsa Indonesia untuk melangkah sejauh ini, banyak para pahlawan yang sudah berkorban. Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan, pemerintah membuat hari-hari nasional. Dalam setiap hari-hari nasional itu juga pasti ada sebuah kejadian dan makna tersendiri. Maka, sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa untuk memperingatinya.
Di sekolah saya, SMP N 2 Pemalang, sering di peringati hari-hari nasional. Sayangnya, sebagian besar dari peringatan tersebut hanya dilakukan dengan upacara. Padahal dalam pelaksanaannya, siswa-siswi hanya saling berbicara. Menurut saya, dengan peringatan seperti ini, sama sekali tidak menumbuhkan jiwa pancasila para siswa.
Dulu, ketika saya masih kelas 8, para siswa melakukan study banding ke SMP N 1 Kota Bogor. Disana kami diberi tahu bagaimana visi, misi, kebiasaan-kebiasaan disana, dan sebagainya. Saya merasa, sekolah saya kurang dalam berbagai aspek, salah satunya dalam hal peringatan hari-hari nasional. Contohnya, disana ketika Hari Kartini tiba, seluruh siswa laki-laki menggunakan batik dan celana hitam panjang, dan seluruh siswi perempuan menggunakan kebaya, tetapi tanpa make up. Dihari itu, mereka melakukan berbagai aktivitas yang membangun kreativitas siswa, ada lomba-lomba, acara-acara pagelaran, atau lainnya, yang tentunya juga bertemakan emansipasi terhadap kaum wanita.
Dari situ, saya terpacu untuk melakukan hal yang sama atau bahkan kalau bisa lebih. Karena, dengan kegiatan-kegiatan seperti itu, seluruh siswa dapat berpartisipasi dalam peringatan hari-hari nasional. Selain itu, siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam hal yang positif. Oleh karena itu, untuk kedepannya saya berharap, SMP N 2 Pemalang dapat lebih baik lagi dalam segala aspek khususnya, peringatan hari-hari nasional.



Nama                        : Qona’ah Oktaviani
Alamat                      : Jl. Lumba-lumba No. 37 Tanjungsari, Sugihwaras, Pemalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar