Rabu, 22 Mei 2013

Apa itu penyakit mata TRAKOMA?

Kali ini saya akan membahas penyakit mata Trakoma, kenapa saya membahas ini? Hmm, sebenarnya rada curhat juga sih hahaha :D Jadi, mata saya suka sakit kalau kena cahaya, entah kenapa, sewaktu periksa ke dokter, katanya tegangan bola mata saya tinggi, tapi gapaham juga sih-__- Nah waktu lagi nonton film "Helen Keller" di kelas bareng-bareng pas mapel sosio, gurunya helen, Ms. Sullivan itu bilang kalau dia memakai kacamata gelap karena dia punya penyakit mata yang membuat matanya sakit ketika terkena cahaya, dia sempat buta dan mengalami 9 kali operasi. Waktu nonton berasa *deggg :D takut :( Oke langsung dibahas ajaya :))

TRAKOMA
Trakoma merupakan infeksi mata yang berlangsung lama yang menyebabkan inflamasi dan jaringan parut pada konjungtiva dan kelopak mata serta kebutaan. Trakoma terjadi akibat infeksi oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Masa inkubasi berlangsung selama 5 – 12 hari.

Gambaran Klinis
- Kedua mata tampak merah dan berair. Penderita sukar melihat cahaya terang
(silau)
dan merasa gatal di matanya.
- Pada stadium awal, konjungtiva tampak meradang, merah dan mengalami
iritasi serta mengeluarkan kotoran (konjungtivitis).
- Pada stadium lanjut, konjungtiva dan kornea membentuk jaringan parut
sehingga bulu mata melipat ke dalam dan terjadi gangguan penglihatan.
- Gejala lainnya adalah:
   pembengkakan kelopak mata
   pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak tepat di depan mata
   kornea tampak keruh.

Itu dia ciri-cirinya, waktu saya berobat, obat yang dikasih itu Cendo Asthenof dan Eyevit, yg satu tetes mata yang satu vitamin untuk dimakan, yg tetes mata itu rasanyaaaaaaaaaaaa...... perih. Setiap make itu rasanyaaaaaaaaaaaa.... sakit. Ga enak ya? :) Makanya, kalian yang matanya masih pada bener, dijaga ya, jangan sering ngadep komputer berjam-jam, jangan baca buku sambil tidur, tangan kotor ga boleh usap-usap mata!!! Di ingat blogger, di perhatikan :)))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar